Suzuki Jimny Coilspring

"Suzuki Jimny versi Coilspring termasuk salah satu dari mobil antik generasi kedua yang diproduksi oleh Suzuki."

Yang dimaksud dengan generasi kedua adalah Suzuki Jimny yang diproduksi tahun 1981 hingga tahun 1998. Salah satu contohnya adalah Suzuki seri Samurai yang mencetak sukses di Amerika Serikat, terutama Amerika Utara. Bermodal "kepopuleran" seri ini di negara Paman Sam, Suzuki kemudian memasarkannya juga diluar Amerika dengan versi baru.

Pada bulan November 1995, keluarlah seri baru Suzuki Samurai yang nantinya sering disebut sebagai Suzuki "coily". Istilah tersebut mengacu pada perubahan suspensi yang kini menggunakan coilspring, atau di Indonesia dikenal sebagai "per spiral".  Ada beberapa seri dari Suzuki Jimny versi Coilspring. Ada seri JA12 yang berkapasitas 657 cc F6A. 

Kemudian seri JA22 yang lebih powerful, dengan mesin tipe K6A. Serta Suzuki Jimny JB23, yang menggunakan mesin G13B, berkapasitas 1300cc dengan output 63 kW. Dimensi mesinnya jauh lebih panjang dan lebar, karena itu  dimensinya mobil juga terlihat lebih besar. Khusus untuk Jimny JB23 versi ekspor, tersedia pula pilihan mesin dengan output yang lebih kecil yaitu 52 kW, yang menggunakan mesin seri G13BA.

Selain pada Jimny JB32, mesin G13BA juga digunakan pada Suzuki Jimny Sidekick (yang diproduksi pada tahun 1989), Suzuki SJ413 (dari tahun 1990 hingga tahun 1995), dan Maruti Gypsy King. Mendengar nama Maruti, mungkin kita akan teringat akan orang India. Ya, nama Maruti memang diambil dari nama perusahaan Suzuki cabang India, yaitu Maruti Suzuki.

Seri ini mulai diperkenalkan pada bulan Desember 1985 dengan kapasitas 970 cc dan bermesin  F10A. Desain dasarnya sama dengan Suzuki Jimny seri SJ40 dan SJ410. Meski tipe ini digunakan sebagai mobil dinas para penegak hukum, seri ini kurang begitu populer di India.

Di New Zealand, mobil yang juga termasuk classic ini punya nama lain, yaitu Suzuki Farm Worker. Sesuai namanya, yang banyak menggunakan mobil ini adalah para peternak dan petani. Biasanya mereka menggunakannya untuk pergi kepeternakan atau perkebunan. 

Artikel Terkait

Suzuki "Maruti Gypsy" Jimny

Maruti Gypsy adalah merk mobil yang dikembangkan dan diproduksi berdasarkan spesifikasi Suzuki Jimmy SJ40/410.

Suzuki Jimny "Farm Worker"

"Kendaraan ini sangat tangguh, namun tidak layak digunakan di jalan raya"

Suzuki Jimny SJ40

"SJ40 atau SJ410 adalah Suzuki Jimny pengganti seri LJ 80, atau yang dikenal dengan julukan Jimny Jangkrik."

Suzuki Jimny SJ30

"SJ30 merupakan seri Suzuki Jimny generasi kedua yang diproduksi pada tahun 1981."

Produk Lainnya

Setelah sukses dengan seri awalnya, Toyota Motor Company kembali menghadirkan Land Cruiser seri 20 dan 30.
"Sukses dengan versi LJ20 yang mampu menggebrak pasar Jepang dan Internasional, Suzuki Jimny mulai melebarkan sayapnya dengan mengembangkan banyak aspek yang ada."
"Puncak Gunung Andes di Amerika Selatan adalah saksi kehandalan Suzuki Jimny."