Toyota Levin TE51 & TE55 (1974 - 1979)

"Jika TE27 dikenal memiliki desain yang mungil, maka jenis TE51 dan TE55 memiliki desain yang lebih besar dan terkesan sporty."

Setelah sukses dengan TE27 yang merupakan generasi pertama dari Toyota Levin. Pabrikan mobil hebat asal Jepang ini lagi-lagi membuat sebuah mobil yang merupakan pengembangan dari jenis mobil classic sebelumnya. Berikut uraian singkat tentang Toyota Levin TE51 dan TE55 yang merupakan mobil klasik generasi kedua dari jenis Levin dan Trueno Sprinter.

 

Perbedaan Generasi Pertama dan Kedua Toyota Levin

Versi pertama dari Toyota Levin dan Trueno Sprinter masih memiliki kesamaan dari segi desainnya. Bahkan bisa dibilang dua mobil ini adalah kembar identik yang hanya beda pada kemampuan mesin. Pada Levin, mesin masih menggunakan jenis standar, sementara yang jenis Trueno Sprinter mesin sudah bervolume besar sehingga cocok untuk desain mobil sporty yang diusung jenis Sprinter.

Generasi kedua dari Toyota Levin dan Trueno Sprinter memiliki perbedaan yang signifikan baik dari segi bodi maupun dari segi mesin. Jenis Toyota Levin (TE51 dan TE55) memiliki desain yang jauh lebih agresif. Bodi depan pada mobil terlihat lebih gaya jika dibandingkan dengan Trueno Sprinter (TE47, TE61, TE62, dan TE65) yang memiliki desain yang lebih ramping dan melengkung.

 

Mesin Pada Toyota Levin TE51 dan TE55

Mesin generasi kedua dari Toyota Levin dan Trueno Sprinter lebih banyak pilihan jika dibandingkan dengan Levin generasi pertama. Jika generasi pertama hanya menggunakan mesin 1,588 cc saja, Levin generasi kedua dengan seri TE51 dan TE55 menggunakan beberapa range mesin yang berbeda sesuai dengan kebutuhan peminat.

Mesin jenis pertama dari mobil kuno ini menggunakan mesin bervolume 1,2 L dan berteknologi 2K yang mampu menghasilkan 64 hp. Selanjutnya Levin juga menggunakan mesin 1,6 L berteknologi 2T yang mampu menghasilkan daya hingga 115 hp ketika dikendarai pada keadaan optimal.

 

Desain Bodi Toyota Levin TE51 dan TE55

Seperti yang sedikit dikulik pada poin pertama, desain bodi dari TE51 dan TE55 dikenal lebih agresif jika dibandingkan dengan pendahulunya. Mobil antik yang diproduksi pada periode 1974-1979 ini mengusung desain Coupe Sport yang kelak akan menjadi bodi unggulan dari jenis Toyota Levin AE86. Mobil ini mengecil ke belakang dengan hanya ada dua pintu di bagian depan.

 

Penjualan Toyota Levin TE51 dan TE55

Toyota Levin adalah salah satu jenis mobil yang secara ekslusif hanya dijual di Jepang saja. Sejak generasi pertama hingga generasi ketujuh yang berakhir di tahun 2000, Levin hanya diproduksi dan dijual di kawasan jepang meski banyak penikmat otomotif dunia rela membeli jauh-jauh ke Jepang untuk merasakan hebatnya mobil antik yang sangat layak untuk dijadikan koleksi tersebut.

 

Demikianlah uraian singkat tentang mobil tua Toyota Levin TE51 dan TE55. Semoga menambah wawasan otomotif Anda.

Artikel Terkait

Toyota Corolla E70

"Desain terbaru seri Corolla harus berubah, namun tidak mengesampingkan hal-hal dasar yang membuat mobil ini cukup digemari"

Corolla TE71 (1979–1983)

TE71 adalah seri Toyota Corolla yang diproduksi dengan banyak model body.

Aneka Versi Toyota Corolla

"Bagi para penggemar mobil tua, Toyota Corolla generasi lama merupakan jenis mobil yang paling banyak diminati."

Toyota Sprinter dan Trueno Sprinter (1970 - 1974)

"Setelah sukses mengeluarkan Toyota Corolla pada tahun 1966, Toyota Jepang lagi-lagi menelurkan mobil versi baru yang lebih canggih."

Produk Lainnya

"Mobil sedan dengan 4 pintu ini pertama kali diproduksi pada Februari tahun 1966."
Bulan September 1955 menjadi waktu penting bagi sejarah mobil klasik keluaran Mercedes-Benz seri 220S dan 220SE.
"Untuk melanjutkan kisah sukses dari generasi pertamanya, generasi ke-2 Toyota Corolla ini diberi kode sebagai E20."