Toyota Levin TE27 (1972 - 1974)

"Mobil yang akhirnya berjuluk Toyota Levin TE27 ini merupakan mobil antik jenis Sport coupe yang sengaja diciptakan untuk penggila mobil sport di Jepang."

Sejak diperkenalkan pertama kali pada tahun 1966, Toyota Corolla yang merupakan mobil produksi Jepang ini mulai menguasai dunia. Hal ini dibuktikan dari angka penjualan mobil yang sampai menyentuh 40 juta unit di seluruh dunia. Prestasi yang sangat membanggakan dari Toyota ini semakin menjadi-jadi setelah perusahaan ini mampu mengalahkan mobil klasik jenis Beetle dari pabrikan Volkswagen yang sebelumnya menguasai kawasan Eropa.

Toyota Corolla bisa menguasai pasar otomotif dunia lantaran pabrikan ini terus melakukan inovasi yang tidak ada hentinya. Setiap jangka waktu tertentu, Toyota Corolla selalu mengeluarkan jenis baru seperti generasi pertama yang mencakup mobil classic jenis E10, lalu generasi kedua yang mencakup E20 dan seterusnya hingga generasi ke sebelas E170 yang bertahan hingga sekarang.

Pada generasi kedua (E20), Toyota mengeluarkan Corolla jenis baru dengan nama Levin. Berikut uraian singkat tentang Toyota Levin TE27 yang bisa Anda simak.

 

Desain Toyota Levin TE27

Toyota Levin TE27 adalah generasi kedua dari Toyota Corolla yang terus bertahan hingga sekarang. Pada generasi kedua terutama jenis Levin, memiliki desain bodi coupe yang mengecil ke belakang. Atap dari Toyota Levin TE27 memiliki jenis fastback yang turun di bagian belakang seperti pada mobil generasi pertama.

Toyota Levin TE27 memiliki dua pintu dan atap tidak bisa dibuka seperti jenis convertible yang diminati banyak orang. Meski desain dari mobil kuno ini sangat sederhana, publik menyambut baik, sehingga secara penjualan generasi kedua ini terbilang sukses sampai Toyota mengembangkan generasi ketiga lalu berlanjut sampai generasi kesebelas yang dikenal dengan mobil canggih abad ini.

 

Mesin Toyota Levin TE27

Mesin yang digunakan untuk Toyota Levin TE27 menggunakan jenis I4 yang dikenal sangat tangguh pada tahun 1970-an. Bahkan, pabrikan sekelas Chevrolet atau pun Volkswagen juga menggunakan mesin jenis ini dengan beberapa perubahan pada volume dan juga transmisi yang bisa dibuat manual atau pun otomatis.

Pada Toyota Levin TE27, mesin menggunakan I4 bervolume 1,588 cc. Untuk transmisi, Toyota Levin TE27 masih manual dengan 4-5 kecepatan yang berbeda. Pengguna bisa mengubah kecepatannya yang bervariasi sesuai dengan kebutuhan ketika mengendarainya di jalanan.

 

Penjualan Toyota Levin TE27

Toyota Levin TE27 tidak dijual bebas di berbagai negara seperti jenis lain. Produk ini hanya diproduksi di Jepang dan juga Amerika untuk target market tertentu. TE27 di Jepang dinamai dengan Levin sedangkan yang dijual di Amerika memiliki nama SR5.

 

Demikianlah uraian singkat tentang Toyota Levin TE27. Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat tentang sejarah mobil tua Toyota Corolla.

Artikel Terkait

Toyota Corolla E70

"Desain terbaru seri Corolla harus berubah, namun tidak mengesampingkan hal-hal dasar yang membuat mobil ini cukup digemari"

Corolla TE71 (1979–1983)

TE71 adalah seri Toyota Corolla yang diproduksi dengan banyak model body.

Aneka Versi Toyota Corolla

"Bagi para penggemar mobil tua, Toyota Corolla generasi lama merupakan jenis mobil yang paling banyak diminati."

Toyota Sprinter dan Trueno Sprinter (1970 - 1974)

"Setelah sukses mengeluarkan Toyota Corolla pada tahun 1966, Toyota Jepang lagi-lagi menelurkan mobil versi baru yang lebih canggih."

Toyota Sprinter (E40 & E60) & Trueno Sprinter (1974 - 1979)

"Toyota Sprinter E40 dan E60 adalah generasi ketiga dari jenis Corolla yang menjadi simbol kebangkitan Toyota pasca perang dunia ke-II."

Toyota Levin TE51 & TE55 (1974 - 1979)

"Jika TE27 dikenal memiliki desain yang mungil, maka jenis TE51 dan TE55 memiliki desain yang lebih besar dan terkesan sporty."

Toyota Corolla E30 dan E50 (1974 - 1981)

"Mobil antik yang diproduksi pada tahun 1974-1981 ini menjadi ujung tombak perjuangan mobil Jepang di kawasan Amerika."

Toyota Corolla E20 (1970-1973)

"Untuk melanjutkan kisah sukses dari generasi pertamanya, generasi ke-2 Toyota Corolla ini diberi kode sebagai E20."

Toyota Sprinter E10 (KE15/KE17)

"Toyota Sprinter adalah sebutan untuk mobil antik berukuran kompak yang diproduksi oleh Toyota sebagai salah satu varian dari Toyota Corolla."