Suzuki (Jimny) SAMURAI SJ413

"Sempat menjadi hits di zamannya, Suzuki Jimny adalah model mobil off-road yang terkenal di kalangan remaja tahun 90-an."

Salah satu yang menjadi tren adalah Suzuki seri SJ413 atau yang dikenal dengan sebutan “samurai”. Pada masa itu, salah satu tipe mobil klasik ini kerap dipanggil Jimny ‘jangkrik’. Tapi, jangan salah, spesifikasi dan model mobil kuno ini tidak kalah keren dengan tampilan mobil off-road lainnya. Penasaran apa saja fitur dari mobil antik seri SJ413 ini? Simak ulasannya berikut.

 

Sejarah

Suzuki seri SJ413 ini dirilis pada kisaran tahun 1984 dan pertama kali dilepas ke pasar Amerika Utara. Sebagai generasi kedua mobil Jimny, Samurai memiliki tampilan yang lebih ‘garang’ daripada para pendahulunya.

Samurai dikenal sebagai Sierra di Australia. Meskipun dipasarkan dengan nama baru, namun kenyataannya mobil classic ini tetap membawa spesifikasi generasi lama. Hal ini tampak dari sisi model rangka yang serupa dengan model-model sebelumnya.

Seri SJ413 adalah salah satu model Jimny yang sangat laris di tengah komunitas pecinta mobil 4WD karena keunggulan model Samurai yang ringan dibawa. Hal inilah yang dicari oleh penggemar 4WD, karena memperkecil efek benturan dan kemungkinan terperosok saat digunakan di medan off-road. Apabila Anda seorang pemula, Samurai adalah mobil yang tepat untuk digunakan. 

Dalam perkembangannya, Samurai mengalami beberapa modifikasi. Pada pasar Amerika Serikat, mobil ini dimodifikasi agar lebih sesuai untuk digunakan di jalanan biasa. Persnelingnya diubah sehingga menghasilkan perpindahan gigi yang lebih halus. Perubahan ini juga menyebabkan peningkatan kekuatan mesin di jalan raya. 

Modifikasi juga menyertakan perubahan pada dasbor dan kursinya. Tujuannya agar mobil klasik ini jadi lebih nyaman digunakan. Sayangnya, setelah tahun 1995, penjualan mobil ini terus menurun. Dampaknya, Samurai pun ditarik dari pasaran.

 

Spesifikasi Mesin

Samurai memiliki ukuran mesin yang lebih besar dibandingkan generasi terdahulunya, yaitu mesin 4-silinder (1,3 liter, 63 hp) yang dilengkapi dengan 5 transmisi kecepatan manual, serta dua jenis rem. Rem pertama bertipe disc brakes terletak di bagian depan, sedangkan drum brakes adalah rem kedua yang disematkan di bagian belakang mobil.

Mesin mobil SJ413 memang terkenal ‘bandel’ dan tidak mudah merongrong. Satu lagi yang menjadi alasan kuat mengapa Samurai tersohor di antara pengguna mobil 4WD: suku cadangnya cukup mudah diperoleh. Meskipun saat ini harga suku cadang Samurai membutuhkan bujet yang tidak sedikit, tapi tentu tetap sebanding bagi penggemar mobil ini.

 

Desain

Mobil yang banyak dipasarkan di negeri Paman Sam ini memiliki panjang 3,430 mm dan tingginya sekitar 1,665 mm. Sayangnya, mobil ini termasuk memiliki kabin yang berukuran kecil. Ini mungkin yang menjadi sebab mengapa kursi belakangnya bisa dilepaskan, sehingga kesan sempit tidak terasa.

SJ413 dipasarkan dengan 2 jenis  atap yaitu hardtop dan konvertibel. Dan konsumen akhirnya bisa memilih tipe yang menggunakan atap keras atau menjadikannya mobil dengan atap terbuka. Kursi belakangnya juga dapat dilepas-pasang. Secara tampilan, Samurai memang tampak lebih trendi.  

Mobil Samurai ini memang sangat menarik untuk menjadi salah satu koleksi. Apalagi Suzuki tipe SJ413 ini terbilang langka ditemui di pasar Asia, karena sasaran pemasaran tipe ini memang diutamakan bagi masyarakat Amerika. Tapi, bukan berarti mobil ini terbatas untuk koleksi dan tidak pantas lagi untuk meluncur di jalanan, lho.

 

Meski temasuk ke dalam golongan mobil tua, namun Samurai tetap bergaya untuk kamu gunakan. Perlu kamu tahu, mobil kuno ini memang termasuk favorit di kalangan pecinta off-road. Jika kamu salah satunya, mungkin Samurai adalah pilihan yang tepat buat kamu.

Artikel Terkait

Suzuki "Maruti Gypsy" Jimny

Maruti Gypsy adalah merk mobil yang dikembangkan dan diproduksi berdasarkan spesifikasi Suzuki Jimmy SJ40/410.

Suzuki Jimny "Farm Worker"

"Kendaraan ini sangat tangguh, namun tidak layak digunakan di jalan raya"

Suzuki Jimny SJ40

"SJ40 atau SJ410 adalah Suzuki Jimny pengganti seri LJ 80, atau yang dikenal dengan julukan Jimny Jangkrik."

Suzuki Jimny SJ30

"SJ30 merupakan seri Suzuki Jimny generasi kedua yang diproduksi pada tahun 1981."

Produk Lainnya

"Mobil sedan dengan 4 pintu ini pertama kali diproduksi pada Februari tahun 1966."
Bulan September 1955 menjadi waktu penting bagi sejarah mobil klasik keluaran Mercedes-Benz seri 220S dan 220SE.
"Untuk melanjutkan kisah sukses dari generasi pertamanya, generasi ke-2 Toyota Corolla ini diberi kode sebagai E20."