Suzuki Jimny SJ10

"Sukses dengan versi LJ20 yang mampu menggebrak pasar Jepang dan Internasional, Suzuki Jimny mulai melebarkan sayapnya dengan mengembangkan banyak aspek yang ada."

Kali ini varian baru dari generasi pertama mulai diperkenalkan secara resmi untuk pasaran internasional. Mobil antik yang diproduksi pada tahun 1975 ini mampu memasuki pasar-pasar internasional dan membuat Suzuki semakin melesat di depan.

Varian baru dari generasi pertama ini diberi nama SJ10. Pada varian baru ini Suzuki memainkan banyak hal baru terutama pada bagian mesin dan juga bodi mobil klasik ini secara menyeluruh.

Berikut uraian lengkap tentang varian SJ10 yang dianggap menjadi tolak ukur keberhasilan Suzuki Jimny di pasaran internasional.

 

Desain Bodi dan Mesin

Desain bodi dari SJ10 masih mengusung tiga desain orisinal Jimny yang dipakai oleh varian pendahulunya. Bodi dasar dari SJ10 masih menggunakan jenis wagon 2 pintu, convertible 2 pintu, dan cab chassis 2 pintu. Bodi ini dikembangkan dengan baik dengan menambahkan beberapa komponen yang disesuaikan dengan keadaan pasar dan target market apakah untuk Jepang atau luar negeri khususnya Eropa dan Amerika.

Desain bodi yang diberikan untuk pasaran Eropa dan Amerika dibedakan dengan yang ada di Jepang. Masalah kei car masih menjadi hambatan untuk mengembangkan bodi lebih besar dan panjang. Meski demikian dengan desain yang lebih kecil SJ10 masih mampu bersaing ketat dengan pabrikan lokal di Jepang seperti Honda dan Mitsubishi.

Untuk mesin, SJ10 sudah menggunakan komponen yang memiliki volume cukup besar. Untuk pasaran Jepang mesin dengan 539 cc (32.9 cu in) mulai digunakan dengan tiga silinder dan dua stroke. Dengan mesin ini mobil mampu melaju dengan kekuatan 26 PS dan kecepatan maksimal yang mampu dihasilkan adalah 97 km/jam.

 

 

Produksi Suzuki SJ10

Produksi SJ10 mulai dilakukan pertama kali pada tahun 1975, kala itu Suzuki mulai memproduksi varian mobil kuno yang akan digunakan untuk menggebrak pasaran dunia. Dengan mesin berjenis LJ50, akhirnya varian baru dari jenis Suzuki Jimny ini lahir dengan kekuatan mesin yang cukup tinggi. Setidaknya mesin dengan kekuatan 33 PS mampu diciptakan khusus untuk mobil ekspor dan tidak dijual di Jepang.

Varian SJ10 baru diperkenalkan di Jepang pada tahun 1976. Dengan beberapa perubahan karena aturan pemerintah, SJ10 hanya mampu menghasilkan kekuatan 26 PS. Dengan mesin yang tidak terlalu besar, mobil classic ini akan tetap menjadi kei car dan tidak melanggar aturan emisi yang ditetapkan oleh Pemerintah Jepang.

 

Kehebatan Suzuki SJ10 di Pasar Dunia

SJ10 benar-benar mampu menggebrak pasar dunia. Dengan mesin LJ50 dan kekuatan 33 PS, mobil SUV ini dilirik banyak sekali penggemar mobil sport dari berbagai belahan dunia. Jika di Jepang jenis ini dikenal dengan Jimny 55, maka di beberapa daerah seperti Australia, varian ini sering dijuluki sebagai LJ50s dan LJ50V untuk jenis van.

Kehebatan dari SJ10 direspons pasar dengan sangat baik. Terbukti dari 2 tahun pemasaran saja, SJ10 mampu menjadi mobil andalan di beberapa negara. Bahkan perubahan mesin dan bodi terud dikerjakan sesuai dengan permintaan pasar dari negara pengimpornya. Salah satu perubahan besar dari SJ10 terjadi pada tahun 1977 di mana Suzuki memperkenalkan mobil dengan rear wheel arc metal flare yang sangat gahar.

 

Demikianlah uraian singkat tentang mobil tua Suzuki SJ10. Semoga dapat memberikan informasi yang bermanfaat.

Artikel Terkait

Suzuki "Maruti Gypsy" Jimny

Maruti Gypsy adalah merk mobil yang dikembangkan dan diproduksi berdasarkan spesifikasi Suzuki Jimmy SJ40/410.

Suzuki Jimny "Farm Worker"

"Kendaraan ini sangat tangguh, namun tidak layak digunakan di jalan raya"

Suzuki Jimny SJ40

"SJ40 atau SJ410 adalah Suzuki Jimny pengganti seri LJ 80, atau yang dikenal dengan julukan Jimny Jangkrik."

Suzuki Jimny SJ30

"SJ30 merupakan seri Suzuki Jimny generasi kedua yang diproduksi pada tahun 1981."

Suzuki Jimny Coilspring

"Suzuki Jimny versi Coilspring termasuk salah satu dari mobil antik generasi kedua yang diproduksi oleh Suzuki."

Suzuki Jimny Pemecah Rekor Dunia

"Puncak Gunung Andes di Amerika Selatan adalah saksi kehandalan Suzuki Jimny."

Suzuki Jimny Kei Car

"Dalam bahasa Jepang, “kei” atau “kei-jidosha” artinya “mobil kecil”."

Suzuki Jimny Australia Dan New Zealand

"Di mana sajakah mobil klasik ini berjaya, selain Jepang dan Amerika Serikat? Apakah sama tangguhnya?"

Suzuki Jimny Amerika

"Suzuki termasuk salah satu mobil antik buatan Jepang yang laku keras dan melegenda di Amerika"