Suzuki Jimny Amerika

"Suzuki termasuk salah satu mobil antik buatan Jepang yang laku keras dan melegenda di Amerika"

Bagi pencinta kegiatan luar rumah atau olahraga yang membutuhkan kendaraan, seperti off-road car race (balapan mobil dengan medan di luar sirkuit biasa atau jalan raya, misalnya: di padang pasir atau daerah hutan yang jalurnya tidak rata, licin, dan kadang berlumpur terutama oleh hujan), mobil ini terbukti handal. Tidak hanya di negara asal, mobil yang diproduksi dengan tipe Hardtop, convertible dan model bak ini juga diminati di negara yang terkenal akan industri otomotifnya, seperti di Amerika Utara.

Seberapa berminatnya para penduduk di negara Paman Sam itu dengan mobil klasik ini? Sebelumnya, mari kita lihat dulu sejarah singkat Suzuki Jimny. Tahun 1968, adalah awal produksi Suzuki Jimny. Mobil tertua keluaran mereka ini tidak hanya dirakit di Jepang, namun juga di Spanyol. Karena banyak peminat, maka Suzuki mulai membuat variasi produk mereka sebelum merilisnya di beberapa negara, termasuk di Amerika Utara.


Pada tahun 1984, Suzuki Jimny seri Samurai (atau SJ314) dirilis. Mobil kuno ini bermesin 4-silinder 1300 cc, dengan transmisi manual sebesar 5-speed, dan rem cakram di bagian depan. Seri inilah yang diperkenalkan di pasar Amerika Utara pada tahun 1985 – 1986. Dengan harga jual 6200 dolar Amerika, dalam tahun pertama saja sudah terjual sebanyak 47 ribu unit. Hadir dalam model hardtop dan convertible, mobil classic mudah sekali dirubah tampilannya.

Pada masa itu, mobil ini termasuk salah satu jenis mobil jenis four-wheel-drive yang sangat populer. Dalam film-film Hollywood tahun 1980-an, Suzuki Samurai seringkai tampil pada adegan menyetir di sepanjang pantai pesisir Barat. Dengan warna merah cabai dan putih, SJ314 tampil mencolok di berbagai jalan di negeri Paman Sam ini.

Bagi penggemar kegiatan menyetir off-road, Suzuki Jimny termasuk mobil yang dapat diandalkan. Dengan bodi yang tergolong ringan, Jimny tergolong tangguh saat melaju di genangan lumpur. Itu sebabnya, Jimny banyak menjadi kendaraan andalan para penyuka kegiatan alam. Untuk lebih memuaskan konsumen khusus ini, pihak pabrikan Suzuki memutuskan untuk melakukan rancang ulang pada desainnya. Suspensinya disempurnakan hingga mampu mengurangi lagi efek tergelincir pada jalan licin. Interiornya juga dibuat lebih nyaman saat melibas jalan berlubang.

Namun demikian, nasib mobil klasik ini sempat terpuruk dan mengalami “masa suram”. Penyebabnya adalah sebuah artikel review dari majalah Consumer Reports pada tahun 1988, yang menyebutkan bahwa Suzuki Jimny termasuk mobil yang tidak aman dan rawan kecelakaan. Pada kenyataannya, penyelidikan lebih lanjut yang dilakukan pada tahun 1996 tidak menemukan bukti yang memberatkan “Samurai jalanan” ini. Sebagai balasannya, pihak perusahaan Suzuki di Amerika Utara menuntut majalah tersebut dengan tuduhan “pencemaran reputasi produk”.

Meski penyelesaiannya hingga kini masih samar, pihak majalah Consumer Reports akhirnya memberi pernyataan terbuka bahwa artikel tersebut sama sekali tidak dimaksudkan untuk “meyakinkan publik bahwa produk yang bersangkutan rawan menyebabkan kecelakaan”.  Suzuki bersama dengan majalah tersebut akhirnya membuat pernyataan gabungan bahwa mereka telah “sepakat untuk tidak sepakat” mengenai artikel yang telah diterbitkan Consumer Reports tersebut

Apa pun hasil akhir dari peristiwa di atas, hingga kini Suzuki Jimny masih disukai di Amerika Utara.

Artikel Terkait

Suzuki "Maruti Gypsy" Jimny

Maruti Gypsy adalah merk mobil yang dikembangkan dan diproduksi berdasarkan spesifikasi Suzuki Jimmy SJ40/410.

Suzuki Jimny "Farm Worker"

"Kendaraan ini sangat tangguh, namun tidak layak digunakan di jalan raya"

Suzuki Jimny SJ40

"SJ40 atau SJ410 adalah Suzuki Jimny pengganti seri LJ 80, atau yang dikenal dengan julukan Jimny Jangkrik."

Suzuki Jimny SJ30

"SJ30 merupakan seri Suzuki Jimny generasi kedua yang diproduksi pada tahun 1981."

Suzuki Jimny Coilspring

"Suzuki Jimny versi Coilspring termasuk salah satu dari mobil antik generasi kedua yang diproduksi oleh Suzuki."

Suzuki Jimny Pemecah Rekor Dunia

"Puncak Gunung Andes di Amerika Selatan adalah saksi kehandalan Suzuki Jimny."

Suzuki Jimny Kei Car

"Dalam bahasa Jepang, “kei” atau “kei-jidosha” artinya “mobil kecil”."

Suzuki Jimny Australia Dan New Zealand

"Di mana sajakah mobil klasik ini berjaya, selain Jepang dan Amerika Serikat? Apakah sama tangguhnya?"

Suzuki (Jimny) SAMURAI SJ413

"Sempat menjadi hits di zamannya, Suzuki Jimny adalah model mobil off-road yang terkenal di kalangan remaja tahun 90-an."