Aneka Model Datsun Bluebird Seri 410/411

"Sejak dilucurkan pertama kali pada Agustus 1959, Datsun Bluebird memiliki banyak seri dan model."

Antara lain: Datsun Wagon, Datsun SSS, Datsun Bluebird 410/411, Datsun Bluebird 510, Datsun 180B atau yang lebih dikenal sebagai Datsun Bluebird 180, dan masih banyak lagi. Berikut ini adalah beberapa variasi model Datsun Bluebird Seri 410/411.

 

Aneka Model Datsun Bluebird Seri 410:

  • Datsun WP410; Mobil jenis wagon ini memiliki 5 pintu (4 samping, 1 belakang) serta lencana “Wagon” pada sisi sebelah kanan pintu belakang.
  • Datsun DP410-L Fancy Deluxe; Jenis mobil sedan ini memiliki cukup banyak aksesori, seperti spion yang lebih besar, cermin di bagian sun visor pengemudi, transmisi otomatis, serta handle pintu dari dalam yang lebih besar.
  • Datsun DP410-M Bluebird SS; Datsun tipe sport sedan (SS) berisi 4 kursi perorangan (bucket seats), dilengkapi dengan transmisi 4 speed, serta adanya lencana “SS” pada pilar C.
  • Datsun P410-R Two Door; Meskipun miliki dua kabin, mobil sedan jenis ini hanya memiliki dua pintu. Penumpang yang akan duduk di rear seat (kursi sambung) di bagian belakang bisa melipat kursi depan.

 

Aneka Model Datsun Bluebird Seri 411

  • Datsun DP411 dan Datsun WP411; Datsun DP411 adalah sebuah sedan versi deLuxe yang memiliki bingkai jendela dan trim kromium (chrome), sementara seri Datsun WP411 adalah jenis wagon berpintu lima.
  • Datsun DP411-M Bluebird SS; Mobil sedan sport ini memiliki sepasang karburator Hitachi 33mm, transmisi 4 speed, kursi perorangan (bucket seats), serta lencana “SS” pada pilar C.
  • Datsun Bluebird SSS R411; Sedan super sport ini dilengkapi mesin dan transmisi seperti yang terdapat pada tipe mobil sport Datsun Fairlady SP311. Selain itu, terdapat pula tiga lingkaran jarum yang besar pada dasbor, serta lencana “SSS” pada pilar belakang.
  • Datsun P411-R Two Door; Perbedaan dengan Datsun P410-R adalah pintu yang lebih panjang pada seri ini.

 

Saat membaca nama-nama mobil Datsun, Anda tentu menemukan kode-kode huruf yang menandai tipe mobil tersebut. Berikut ini adalah arti dari huruf-huruf pada nama mobil Datsun.

 

1. Awalan (prefixes)

W : Wagon
P : Power Up
D : Versi Deluxe
L : Setir Kiri

 

2. Akhiran (suffixes)

R : Model Dua pintu
L : Model Fancy deLuxe
M : Dua Karburator
N : Transmisi Otomatis
T : Transmisi Manual
U : Model Untuk Ekspor

 

 

Demikian aneka model Datsun Bluebird seri 410/411. Bagi yang menyukai mobil-mobil tahun 60’an, semoga bermanfaat ya.

 

Sumber: www.earlydatsun.com

Artikel Terkait

Mesin Datsun Bluebird Seri 410/411

"Salah satu jenis mobil klasik Indonesia dari Jepang yang masih banyak dicari sampai saat ini adalah Datsun Bluebird seri 410/411 yang mengisi banyak dealer mobil Datsun Indonesia sekitar tahun 70-an."

Transmisi Datsun Bluebird Seri 410/411

"Datsun adalah salah satu merek mobil yang paling banyak digemari oleh para pecinta mobil klasik Indonesia."

Serba-serbi Datsun Bluebird Seri 410/411

"Mobil-mobil klasik buatan Datsun memang sudah terkenal sebagai mobil yang tangguh tetapi ringan."