Tips Merawat Mobil Saat Hujan Ala Komunitas Mobil Terbesar Di Indonesia

Komunitas mobil terbesar di Indonesia – Ketika musim hujan tiba, sudah menjadi sebuah pertanda bagi pemilik kendaraan untuk melakukan perawatan ekstra. Tentunya Anda tidak ingin mobil tiba-tiba macet ketika di jalanan hujan bukan? Oleh sebab itulah, sebagai pemilik mobil, Anda harus bisa merawat dengan tepat supaya tidak mudah rusak. Apabila mobil terus menerus digunakan pada jalanan yang tergenang air, hal ini tentunya tidak akan baik. Genangan air yang dilewati oleh ban bisa masuk ke bagian-bagian mesin di bawah mobil. Jika tidak segera dibersihkan, hal ini akan menimbulkan korosi dan membuat bagian mobil menjadi rusak.

10 Tips Merawat Mobil di Musim Hujan

Air hujan memiliki sifat asam, jadi tidak heran jika air hujan bisa memberikan dampak yang buruk pada mobil. Misalnya memicu timbul jamur, karat, menurunnya kualitas cat body mobil, sampai pengelupasan lapisan pelindung cat mobil. Tentunya Anda tidak ingin mobil kesayangan menjadi seperti ini bukan? Oleh sebab itulah Anda harus memberikan perawatan yang baik setelah mobil dipakai berhujan-hujan. Nah berikut ini beberapa tips merawat mobil saat mobil hujan.

  1. Langsung Mengeringkan Mobil

Untuk hal pertama yang bisa dilakukan ketika membawa mobil saat hujan adalah dengan mengeringkan saat sudah sampai rumah. Jangan sampai membuat air hujan kering sendiri. Hal ini malah bisa membuat mobil cepat rusak, lebih tepatnya pada bagian pelindung cat mobil. Seperti yang diketahui bahwa air hujan mengandung asam dan garam yang bisa merusak lapisan mobil dan komponen lainnya. Oleh sebab itulah, akan lebih baik jika langsung mencuci mobil menggunakan sampo khusus sampai bersih jika terkena hujan.

  1. Membersihkan Kaca Depan Mobil

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah membersihkan kaca mobil bagian depan dengan rutin. Ini dimaksudkan supaya kaca depan mobil jernih dan bersih. Sesaat setelah dipakai atau terkena hujan, kaca bagian depan bisa dilap dan menyalakan AC dengan suhu tidak terlalu dingin. Dengan kaca bagian depan yang jernih akan membantu penglihatan ketika dipakai saat hujan. Untuk caranya bisa dengan mengoleskan sedikit sampo pada kanebo yang lembab, kemudian lap dengan gerakan searah.

  1. Memeriksa Komponen Mesin

Komponen mesin menjadi salah satu hal penting yang tidak bisa dilewatkan begitu saja ketika mobil sudah menerjang hujan. Air hujan bisa dengan mudah masuk ke dalam komponen mesin lewat celah. Oleh sebab itulah, sangat penting bagi kita untuk bisa memeriksa dan memastikan bahwa mesin terhindar dari air hujan.

  1. Membersihkan Karpet Mobil

Setelah sampai di rumah, pastikan untuk membersihkan karpet yang ada di dalam mobil. Ini dimaksudkan supaya karpet tidak bau dan tidak berjamur. Biasanya jamur dan bau tidak sedap pada karpet mobil biasanya terjadi karena pengguna masuk ke mobil ketika musim hujan. Yang mana membuat karpet basah, kotor dan lembab. Untuk mencegah hal ini maka bisa meletakkan karpet tambahan untuk melapisi lantai mobil supaya tidak mudah kotor. Juga jangan lupa untuk mencuci karpet mobil secara rutin. Anda bisa mencuci setidaknya 1 kali dalam seminggu.

  1. Menyemprot Mobil dengan Cairan Silicon

Cairan silikon adalah pelumas semprot yang digunakan khusus untuk karet. Yang mana berguna untuk melembapkan dan melicinkan karet kaca serta pintu mobil. Menyemprot mobil dengan menggunakan cairan silicon, maka karet kaca mobil jadi lebih tahan lama dan tidak mudah rusak. Ketika karet kaca sering kena hujan dan panas, akan membuat cepat rusak. Terlebih air hujan tidak hanya bisa merusak bagian eksterior mobil, namun juga interior.

  1. Mengecek Kondisi Ban & Rem

Pada musim hujan, kondisi jalan pada umumnya lebih licin. Jadi akan membuat ban cenderung mencengkeram lebih kuat dari biasanya. Nah karena hal inilah, kita harus mengecek kondisi rem dan ban. Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui kondisi ban dan rem sudah sesuai standar atau belum untuk berkendara. Dengan begitu, ketika berkendara akan membuat lebih aman karena ban dan rem sudah dicek sebelumnya.

  1. Membersihkan Kaki-Kaki Mobil

Kaki-kaki pada mobil juga sangat penting untuk dibersihkan ketika musim hujan. Jika kaki-kaki pada mobil berbunyi, ini dikarenakan mobil melewati genang air hujan dan lumpur. Oleh sebab itulah, akan lebih baik jika membersihkan kaki-kaki mobil dengan menyeluruh dengan menggunakan air bertekanan tinggi dan sampo mobil.

  1. Periksa Karet Wiper Mobil

Selanjutnya adalah memeriksa bagian wiper mobil. Wiper mobil sendiri mempunyai fungsi sebagai alat pembersih kaca depan dari debu dan hujan. Caranya adalah dengan mengganti karet wiper mobil setiap 6 – 12 bulan sekalli. Jika tidak melakukan penggantian, maka bisa menggunakan produk rain repellent untuk menjaga karet wiper mobil tetap tahan lama. Rain repellent adalah cairan yang memberikan lapisan khusus pada kaca mobil.

  1. Rutin Memanaskan Mesin Mobil

Melakukan pemeriksaan mesin dan interior memang menjadi hal wajib ketika musim hujan. Namun jangan lupa untuk memanaskan mobil secara berkala. Jika Anda tidak ingin menggunakan mobil dalam waktu lama saat hujan. Ada baiknya tetap memanaskan mobil setiap hari. Ini dimaksudkan supaya kondisi mesin mobil tetap terjaga.

  1. Memarkir di Tempat Tertutup

Yang terakhir adalah dengan memarkir mobil ditempat tertutup. Hal ini dimaksudkan supaya mobil terhindar dari debu dan air hujan. Jadi nantinya mobil tidak akan kotor setelah dibersihkan dari air hujan. Jika memang garasi yang dimiliki cukup terbuka, akan lebih baik jika melindungi dengan cover. Dengan begitu tidak akan ada cipratan air hujan dan paparan matahari.

Download Aplikasi Komunitas Mobil Terbesar di IndonesiaIAC Indonesia Automotive Community

Nah itulah beberapa tips yang bisa diaplikasikan jika memiliki mobil dan sedang terkena air hujan. Perawatan mobil ketika musim hujan memang sedikit lebih banyak, namun hal ini dimaksudkan supaya mobil tetap terawat. Untuk kamu yang ingin mendapatkan informasi seputar otomotif secara real time dari mana saja. Maka pilihan tepat jika mengunduh aplikasi IAC Indonesia Automotive Community. IAC Indonesia Automotive Community merupakan aplikasi android yang berisikan banyak informasi mengenai otomotif. Mulai dari mobil dan motor. Ada banyak kelebihan jika mengunduh aplikasi ini, diantaranya bisa mengetahui jadwal event sampai tukar tambah spare part. Semua informasi yang ada di dalam aplikasi ini dilengkapi dengan judul, deskripsi dan link valid menuju sumber.

Selain itu pengguna aplikasi IAC Indonesia Automotive Community tidak perlu login untuk bisa mengakses semua fitur di dalamnya. Pun Anda juga bisa menjadi kontributor untuk menyebarkan berbagai macam informasi otomotif. Untuk bisa menjadi kontributor harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Anda cukup menuliskan nama, alamat email, dan password. Aplikasi IAC Indonesia Automotive Community bisa diunduh di play store. Lebih mudahnya bisa klik link berikut ini https://play.google.com/store/apps/details?id=com.iacv2.

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia