Chevy Bel Air Kanada

"Eksistensi Chevy Bel Air generasi ketujuh yang berlangsung pada 1971 hingga 1975 bersamaan dengan munculnya Chevy Bel Air Kanada pada 1970 hingga 1976."

Masa ini dimulai dengan kehadiran Bel Air Sport Coupe yang harga jualnya dipatok lebih rendah dibandingkan Impala Sport Coupe." Dilihat dari bentuknya, bodi Bel Air Sport Coupe mengikuti desain Impala Sport Coupe setiap tahun hingga 1975. Chevrolet sport car 4 pintu dan station wagon pun identik dengan model yang diproduksi di Amerika Serikat. Bahkan pada 1976, Bel Air Kanada ini memiliki bodi yang sama dengan Impala Custom Coupe, tetapi dengan jendela bagian belakang yang lebih luas dan dan kaca pintu depan yang tanpa bingkai. Meskipun Bel Air terakhir diproduksi di AS pada 1975, Chevy Bel Air Kanada masih terus hadir dengan Chevrolet sedan 2 pintu, 4 pintu, dan station wagon.

 

Generasi Kedelapan (1977-1981)

Di Kanada, Bel Air dijual dengan harga paling rendah hingga keluaran 1981. Gaya kendaraan yang ditawarkan selama masa ini adalah Chevrolet sedan 4 pintu, coupe 2 pintu, dan station wagon. Aksesori standar yang melengkapi Bel Air pada generasi ini antara lain roda yang kecil, kain pelapis dari vinyl, asbak, lampu kubah otomatis di pintu depan, karpet, dan sebagainya.

Untuk Bel Air yang diproduksi pada 1980, bentuknya mendekati model Chevrolet full-size lainnya. Namun, ada perubahan di bagian eksteriornya sehingga mampu meningkatkan kemampuan aerodinamika dan menghemat penggunaan bahan bakar. Kendaraan ini juga dilengkapi dengan grille baru yang identik dengan Impala, tetapi dengan harga yang lebih tinggi.

Dengan perubahan yang sangat drastis dalam hal penjualan, Bel Air mulai tak populer lagi setelah model 1981 diluncurkan ke publik. Hal ini juga diperkuat dengan kehadiran kendaraan bergengsi lain, seperti Pontiac Laurentian, Mercury Marquis Meteor, dan Ford LTD Custom 500, yang semakin mengubur popularitas Chevrolet.

 

Bangkit Kembali

Bila berkunjung ke website chevrolet, kisah tentang berakhirnya sinar keberuntungan Chevrolet di Kanada tidak tercantum jelas. Justru berita kebangkitannya mulai muncul pada 2005, saat merek Chevrolet mulai kembali diluncurkan di Eropa.

Salah satu produk Chevrolet yang mulai dipasarkan saat ini adalah Chevrolet Trax, yaitu jenis kendaraan SUV dengan ruang bagian dalam yang lebih luas. Ada juga Chevrolet Captiva yang bergaya sporty. Chevrolet sport car jenis ini tampil dengan 2 grille di bagian depan dan dilapisi oleh krom. Bagian dalam pun sudah semakin canggih. Bahkan, hanya dengan menyentuh sebuah tombol, sistem bisa berubah dari 2 wheel-drive menuju 4 wheel-drive. Selain itu, ada pula Chevrolet Orlando yang ditujukan sebagai pilihan keluarga karena desainnya yang fleksibel dan bisa memuat banyak barang bawaan.

 

Rupanya, Chevrolet terus berubah dan menemukan kembali masa-masa kejayaannya. Meskipun tampilan fisiknya sangat jauh berbeda sejak pertama kali diproduksi pada 1950, Chevrolet tetap menawarkan kenyamanan dan kebanggaan yang sama bagi pengendaranya.

Artikel Terkait

Serba-serbi Chevy Bel Air

"Bagi pecinta mobil klasik, Chevy Bel Air bisa dipertimbangkan sebagai salah satu koleksi." 

Chevy Bel Air Generasi Ketujuh (1971-1975)

"Ini adalah generasi terakhir dari Chevrolet Bel Air sebelum kegiatan produksinya di Amerika dihentikan dan dilanjutkan di Kanada."

Chevy Bel Air Generasi Keenam (1965-1970)

"Memasuki tahun 1965, Chevy Bel Air terus mengalami perubahan. 

Chevy Bel Air Generasi Kelima (1961-1964)

"Dari tahun ke tahun, General Motors semakin memahami apa kemauan pasar."

Chevy Bel Air Generasi Keempat (1959-1960)

"Setelah bertahan di Generasi ketiga yang konon dianggap sebagai generasi terburuk dari Bel Air, di tahun 1959 General Motors melakukan pembenahan habis-habisan."

Chevy Bel Air Generasi Pertama (1950-1954)

"Chevrolet Bel Air generasi pertama (1950-1954) adalah seri yang lebih revolusioner dari Chevrolet generasi pendahulunya."