Chevy Bel Air Generasi Ketujuh (1971-1975)

"Ini adalah generasi terakhir dari Chevrolet Bel Air sebelum kegiatan produksinya di Amerika dihentikan dan dilanjutkan di Kanada."

Mulai akhir generasi keenam, yaitu pada akhir tahun 1960-an, Bel Air diproduksi untuk memenuhi permintaan utama dari perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang penyediaan jasa armada kendaraan. Meskipun demikian, Bel Air juga tetap melayani konsumen yang ingin membeli mobil dengan model basic dan kelas full size secara eceran.

Chevy Bel Air generasi ini terdiri dari tiga tipe, yaitu Chevrolet sedan dengan empat pintu, Chevrolet sport car dengan dua pintu (coupe), dan station wagon dengan empat pintu. Bel Air dengan tipe sedan dibuat pada tahun 1974 hingga tahun 1975 dengan menggunakan mesin V8 dua barel dan Turbo-Hydramatic transmission. Sedangkan untuk tipe station wagon, Bel Air menggunakan mesin V8 empat barel dan juga Turbo-Hydramatic transmission. Khusus untuk tipe sedan, ada dua pilihan mesin yang bisa dipilih konsumen, yaitu 400 V8 atau 454 V8. Mesin jenis 454 V8 tersedia untuk semua tipe Bel Air.

Bel Air generasi ketujuh memiliki beberapa perbedaan dengan generasi sebelumnya dan model Chevrolet lainnya. Bel Air generasi ini menggunakan lampu belakang yang terdiri dari empat bagian. Berbeda dengan Caprice dan Impala, Chevrolet berlevel setingkat lebih tinggi dari Bel Air, yang menggunakan lampu belakang dengan tiga bagian. Namun pada tahun 1972, lampu belakang dengan tiga bagian digunakan untuk semua model Chevrolet yang diproduksi pada tahun tersebut.

Perubahan-perubahan lain dari Chevy Bel Air generasi ketujuh mirip dengan perubahan yang terjadi pada Chevrolet Caprice dan Impala. Salah satu perubahan terjadi karena munculnya regulasi dari pemerintah Amerika terkait masalah keamanan dalam berkendara. Untuk memenuhi regulasi tersebut, pada tahun 1973 Bel Air memasang bumper depan dengan spesifikasi 5 mph (8.0 km/h) dan pada tahun 1974 memasang bumper belakang dengan spesifikasi yang sama.

Selain itu, pada tahun 1975, tiap tipe Bel Air terbagi lagi menjadi 2 jenis berdasarkan spesifikasi tambahan yang dapat menambah preferensi konsumen, yaitu Bel Air dengan econominder gauge package dan Bel Air dengan intermittent wipers. Econominder gauge package adalah sepesifikasi yang berguna untuk mengukur bahan bakar yang digunakan kendaraan. Spesifikasi tersebut muncul karena banyaknya permintaan konsumen untuk kendaraan yang memiliki pengukur bahan bakar.

Untuk mencari tahu informasi seputar mobil Chevrolet Bel Air secara mendalam, Anda bisa mengunjungi website Chevrolet. Website Chevrolet berbahasa Indonesia bisa Anda kunjungi di www.chevrolet.co.id. Sementara untuk website berbahasa inggris, Anda dapat masuk ke alamat ini, www.chevrolet.com. Kedua website tersebut menyediakan informasi mengenai mobil dan aksesori yang tersedia untuk negara yang bersangkutan beserta harga dan spesifikasinya. Anda juga dapat mencari tahu lokasi dealer Chevrolet dan jenis pelayanan yang tersedia.

Artikel Terkait

Eko Putro Sandjojo Dan Harley Davidson

Sekedar Alat Transportasi Dan Cadangan Kendaraan, Bukan Untuk Gagah-gagahan

Truk Ford Model A (1928-1929)

Sejarah Truk Pengangkut Susu di Indonesia

Serba-serbi Chevy Bel Air

"Bagi pecinta mobil klasik, Chevy Bel Air bisa dipertimbangkan sebagai salah satu koleksi." 

Chevy Bel Air Kanada

"Eksistensi Chevy Bel Air generasi ketujuh yang berlangsung pada 1971 hingga 1975 bersamaan dengan munculnya Chevy Bel Air Kanada pada 1970 hingga 1976."

Produk Lainnya

"Bagi para penggemar mobil tua, Toyota Corolla generasi lama merupakan jenis mobil yang paling banyak diminati."
"Delapan tahun bergelut dengan model 1100 A, Fiat mencoba mendobrak pasar otomotif eropa dengan merilis model baru yang diberi nama 1100 B Berlina."
"Setelah bertahan di Generasi ketiga yang konon dianggap sebagai generasi terburuk dari Bel Air, di tahun 1959 General Motors melakukan pembenahan habis-habisan."