Chevy Bel Air Generasi Kelima (1961-1964)

"Dari tahun ke tahun, General Motors semakin memahami apa kemauan pasar."

Terbukti, pada generasi kelima ini pembaruan Bel Air kembali dilakukan dengan lebih menyeluruh. Bodi pada Chevrolet Bel Air dibuat lebih bagus dan stylist. Selanjutnya mesin dibuat lebih beragam dengan kemampuan yang sangat andal. Berikut uraian selengkapnya dari generasi kelima Bel Air yang cukup tangguh dari generasi pendahulunya.

 

Tahun 1961

Tahun 1961 Chevrolet berbenah diri dengan memperbaiki bagian sheetmetal dan roda dasar agar tampak lebih memikat. Penampakan bodi dibuat jauh lebih modern dari generasi keempat yang hanya bertahan sekitar dua tahunan saja. Pada versi ini, Bel Air juga mengusung mesin yang jauh lebih baru dan kekuatannya bisa andalkan. Sebut saja 235.5 CID I6 dengan 135 tenaga kuda. Selanjutnya adanya juga 283 CID V8 yang lebih mahal dari versi I6.

Tahun 1961, Bel Air memproduksi dua jenis bodi berbeda yang dijadikan sebagai andalan. Pertama adalah Hardtop dengan 4 pintu yang hanya diproduksi selama setahun. Yang terakhir adalah Hardtop dengan dua pintu yang diproduksi selama dua tahun berturut-turut. Bel Air Hardtop juga dibuat dalam versi Chevrolet Sport Car yang lebih terlihat gagah ketika dikendarai di jalanan.

 

Tahun 1962

Pada tahun 1962, perubahan pada bodi kembali dilakukan secara menyeluruh kecuali pada bagian pintu. Di tahun ini, Chevrolet Wagon dan Chevrolet Sedan mulai diproduksi secara massal dan menghentikan versi Chevrolet Sport Car Hardtop yang dianggap tidak begitu menarik di pasaran meski secara desain sangat bagus dan layak dikoleksi oleh pencinta mobil sport yang mengagumi desain-desain yang kokoh.

Mesin yang dipakai oleh Bel Air Wagon mengalami peningkatan yang signifikan. Pada versi ini Bel Air sudah menggunakan 327 cu in (5.36 L) yang merupakan versi baru dari mesin V8. Selanjutnya mesin V8 tipe 409 cu in (6.7 L) yang merupakan mesin dengan tenaga terbesar tidak luput dipasangkan untuk mendukung performa mobil secara menyeluruh. Kesuksesan versi Wagon membuat produksi Bel Air versi Couple Sport dilakukan di akhir tahun.

 

Tahun 1963-1964

Pada tahun 1963, Bel Air melakukan perubahan pada bagian muka saja. Pada tipe ini, mobil dibuat lebih bersudut sesuai dengan permintaan konsumen. Selanjutnya perbaikan pada mesin juga dilakukan dengan penambahan tenaga secara bertahap. Rata-rata pada tahun1963 semua mobil sudah menggunakan mesin V8 yang memiliki kenaikan daya.

Akhir dari generasi ini tidak memiliki banyak perubahan. Bel Air dibuat sedikit lebih rapi dari segi potongan bodi dan pemasangan beberapa mesin V8 yang lebih canggih untuk membuat generasi terakhir dari versi ini jauh lebih memikat.

 

Generasi kelima akhirnya selesai setelah mengalami perjalanan panjang selama empat tahun. Pada periode ini Bel Air mengalami banyak perubahan pada bodi secara menyeluruh serta mesin V8 yang lebih andal. Informasi lebih lanjut tentang Chevrolet Bel Air bisa dilihat di website Chevrolet.

Artikel Terkait

Serba-serbi Chevy Bel Air

"Bagi pecinta mobil klasik, Chevy Bel Air bisa dipertimbangkan sebagai salah satu koleksi." 

Chevy Bel Air Kanada

"Eksistensi Chevy Bel Air generasi ketujuh yang berlangsung pada 1971 hingga 1975 bersamaan dengan munculnya Chevy Bel Air Kanada pada 1970 hingga 1976."

Chevy Bel Air Generasi Ketujuh (1971-1975)

"Ini adalah generasi terakhir dari Chevrolet Bel Air sebelum kegiatan produksinya di Amerika dihentikan dan dilanjutkan di Kanada."

Chevy Bel Air Generasi Keenam (1965-1970)

"Memasuki tahun 1965, Chevy Bel Air terus mengalami perubahan. 

Chevy Bel Air Generasi Keempat (1959-1960)

"Setelah bertahan di Generasi ketiga yang konon dianggap sebagai generasi terburuk dari Bel Air, di tahun 1959 General Motors melakukan pembenahan habis-habisan."

Chevy Bel Air Generasi Pertama (1950-1954)

"Chevrolet Bel Air generasi pertama (1950-1954) adalah seri yang lebih revolusioner dari Chevrolet generasi pendahulunya."